Pukulan Forehand

Posted on Kamis, 22 September 2016

Pukulan Forehand

Pukulan forehand dilakukan jika bola berada disebelah kanan tubuh (sabto adi dan mu’arifin, 1994:16).Cara melakukan pukulan ini adalah dengan merendahkan posisi tubuh, Lalu gerakkan tangan yang memegang bet kearah pinggang (bila tidak kidal gerakan kearah kanan), siku membentuk sudut kira-kira 90 derajat.Sekarang tinggal menggerakkan tangan kedapan tanpa merubah siku.


Pukulan backhand

Pukulan backhand dilakukan jika bola berada disebelah kiri badan (Sapto Adi dan Mu’arifin,1994:17). Cara melakukannya pertama rendahkan posisi tubuh lalu gerakkan tangan kearah pinggang sebelah kiri jika tidak kidal, dengan sudut siku sembilan puluh derajat.Gerakkan tangan dan bet kearah depan, jaga siku agar tetap sembilan puluh derajat dan bet tetep lurus












Koordinasi Gerakan Meluncur dan Kaki


Meluncur biasa digunakan sebagai awalan renang gaya dada, yang dilakukan dengan cara berdiri tegak, lalu menolakkan salah satu kaki pada dinding kolam kemudian meluncur. Meluncur dilakukan dengan sekuat tenaga, kemudian melakukan gerakan kaki renang gaya dada. Adapun gerakan kaki renang gaya dada sebagai berikut:
a.     Setelah meluncur dan tubuh telah sejajar air, kedua paha dibuka lebar.
b.    Tariklah kedua kaki ke atas dengan kekuatan penuh.
c.      Lalu arahkan telapak kaki dengan memutar sehingga telapak kaki dalam posisi akan mendorong.
d.    Doronglah air dengan kedua kaki serentak sehingga kaki tersebut membentuk setengah lingkaran.
e.     Lalu, lecutkan tungkai kaki bagian bawah kemudian kaki menutup.
f.       Kedua kaki lurus di belakang tubuh.
g.     Gerakkan kaki mendorong bagian tubuh untuk maju

2.   Koordinasi Gerakan Kaki dan Lengan



Setelah gerakan kakimu sudah benar, kamu bisa menggabungkannya dengan gerakan lengan. Saat kaki mulai bergerak seperti gerakan katak, tangan mulai digerakkan. Gerakan tangan dimulai dengan menggapai kedua lengan ke depan di bawah air lebih kurang 15 cm. Lalu telapak tangan menekan ke arah dalam hingga kedua tangan memutar dan menekan bersamaan di depan dagu. Lalu gerakan kedua lengan kembali menggapai ke depan secara bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© ernie. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger